Membawa Janazah Ke Kubur (Kitab Janazah bagian 6)

Membawa Janazah Ke Kubur (Kitab Janazah bagian 6)

MEMBAWA JANAZAH KE KUBUR

Sesudah mayat dimandikan, dikafani, dan dishalatkan, lalu dibawa ke kubur, di pikul pada empat penjuru, berjalan membawa jenazah itu, hendaklah dengan segera.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Ibnu Mas'ud, katanya: Barangsiapa yang mengikut jenazah, maka hendaklah memikul pada ke empat penjuru ranjang, karena sesungguhnya cara yang begitu, adalah dari sunnah Nabi SAW. HR.Ibnu Majah".

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Hurairah, berkata Rasulullah SAW: Hendaklah kamu segerakan mengangkat jenazah, karena jika ia orang shaleh, maka kamu melekaskannya kepada kebaikan atau jika ia bukan orang shaleh, maka supaya kejahatan itu lekas terbuang dari tanggungan kamu. HR.Jama'ah".

Berjalan mengantarkan jenazah, adalah suatu amal kebaikan. Caranya, sebagian ulama berpendapat: orang yang mengantarkan jenazah itu sebaiknya berjalan dahulu dari mayat (mazhab Syafi'i), sebagian ulama yang lain berpendapat, sebaiknya orang yang mengantar itu berjalan di belakang dari mayat (mazhab Abu Hanafiah). Alasan masing-masing:

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Ibnu 'Umar: Sesungguhnya ia telah melihat Nabi SAW beserta Abu Bakar dan 'Umar berjalan didepan jenazah. HR.Ahmad".

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari 'Ali, katanya: Berjalan di belakang jenazah lebih baik. sebagaimana shalat berjama'ah lebih baik dari shalat sendiri. Hadits ini mauquf tetapi hukumnya marfu'.

Tidak boleh mengikuti janazah dengan perasapan, karena yang demikian suatu perbuatan jahiliyah (zaman bodoh sebelum Islam) yang dicela agama Islam.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Bardah, katanya: Abu Musa telah berpesan ketika ia akan mati, katanya: janganlah kamu ikut saya dengan pendupa. Orang-orang bertanya: Pernahkah engkau dengar hal ini? Ia menjawab: Ya, saya dengar larangan ini dari Rasulullah SAW. HR.Ibnu Majah".

Apabila seorang melihat jenazah, hendaklah ia berdiri meskipun mayat itu bukan orang Islam.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Jabir: Telah lalu didepan kami jenazah, lalu Nabi SAW berdiri, kami pun berdiri pula, lantas kami katakan kepada beliau bahwa jenazah itu janazah seorang Yahudi. Beliau berkata: Apabila kamu melihat janazah maka hendaklah kamu berdiri. HR.Bukhari".
0 Komentar untuk "Membawa Janazah Ke Kubur (Kitab Janazah bagian 6)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top