Keutamaan Hari Asyura'


Ibnu Abbas RA bercerita:
Nabi SAW datang ke Madinah, dan beliau SAW menemui orang-orang Yahudi yang sedang berpuasa Asyura'. Beliau SAW bertanya dan mereka menjawab:
"Sesungguhnya pada hari inilah Allah memenangkan Nabi Musa dan Bani Israil atas raja Fir'aun, maka kami pun berpuasa untuk mengagungkannya. Dan Nabi SAW bersabda:
"Kami adalah orang yang lebih berhak atas Nabi Musa daripada kalian".
Kemudian beliau SAW memerintahkan berpuasa.


Keutamaan hari Asyura' banyak disebutkan dalam Atsar. Diantaranya:
Nabi Adam AS diterima tobatnya pada hari Asyura', Nabi Adam AS diciptakan dan dimasukkan surga pada hari itu, Arsy diciptakan pada hari Asyura', juga Kursi-Nya, langit, matahari, bumi, bulan, dan bintang-bintang. Nabi Ibrahim lahir pada hari itu dan diselamatkan dari api juga di hari itu. Nabi Musa dan kaum diselamatkan dari Fir'aun, dan Fir'aun ditenggelamkan juga hari Asyura', Pada hari itu Nabi Idris diangkat ke langit, Hari itu Nabi Nuh mendarat di Judy, hari itu Nabi Sulaiman diberi kekuasaan besar, Nabi Yunus dikeluarkan dari perut ikan, penglihatan Nabi Ayyub AS pulih, Nabi Yusuf AS dikeluarkan dari sumur dan Nabi Ayyub AS sembuh dari penyakitnya juga hari itu.


Pertama kali hujan turun dari langit hari Asyura'. Puasa pada hari Asyura' lebih dikenal pada semua umat, sampai-sampai ada yang berpendapat:
"Sesungguhnya dia adalah puasa wajib sebelum Ramadhan".
Namun pendapat ini dihapus.


Nabi Muhammad puasa di hari itu sebelum hijrah, dan ketika memasuki kota Madinah dia memperkuat anjurannya berpuasa. Beliau SAW bersabda pada akhir umurnya:
"Kalau aku bisa hidup pada tahun akan datang, sungguh aku akan berpuasa pada hari ke-9 dan ke-10 (bulan Muharram)".
Namun beliau keburu hijrah ke Rafiiqil A'la (wafat). Dan di tahun itu beliau SAW belum sempat berpuasa kecuali tanggal 10-nya. Namun beliau SAW mencintai puasa di hari itu, tanggal 9 bahkan 11 hari, sabdanya:
"Berpuasalah kalian sebelum dan sesudahnya hari ini, dan kamu berbeda dengan orang-orang Yahudi".
dimana mereka hanya berpuasa tanggal 10 nya saja.


Imam Baihaqi meriwayatkan dalam Kitab Syu'bul Iman (Cabangnya Iman):
"Barangsiapa yang memberikan keleluasaan kepada keluarga dan istrinya pada hari Asyura', maka Allah akan meluaskan sisa waktu setahun".


Dalam riwayat Imam Thabrani yang munkar:
"Sedekah 1 dirham di hari Asyura' sama dengan bersedekah 700.000 dirham".


Adapun hadits yang menerangkan:
"Barangsiapa yang memakai celak mata pada hari Asyura', maka tidak akan sakit mata dalam setahun".
Namun Imam Hakim meriwayatkan bahwa celak mata pada hari Asyura' adalah bid'ah. Kata Imam Ibnu Qayyim mengenai celak mata, memasak biji-bijian, dan memakai minyak wangi adalah perbuatan para pembohong.

Bantu Klik Iklan Dibawah Ya, Terima Kasih atas Bantuannya
Tag : kisah islami
10 Komentar untuk "Keutamaan Hari Asyura'"

postingan yang bagus tentang kutamaan hari asyura'

Postingannya cukup bagus untuk menambah wawasan terutama tentang keutamaan hari asyura. semoga ini menjadi pemicu buat kita semua untuk memperbanyak amalan kebaikan pada hari tersebut juga pada hari-hari yang lainnya. aamiin.

sekarang bulan Rajab.. bulan yang sangat mulia sekali

Penjabaran yg baik ttg hari 'asyura ... agar org org yg menyalah artikan hari 'asyura bisa mengetahui hal yg sebenarnya di balik asbabun nuzulx 'asyura

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top