Tanah Haram dan Isinya (Kitab Haji dan Umrah Bagian 11)

Tanah Haram dan Isinya (Kitab Haji dan Umrah Bagian 11)

Tanah Haram dan Isinya (Kitab Haji dan Umrah Bagian 11)

Firman Allah SWT:
"Tidaklah mereka (penduduk Mekkah), perhatikan bahwasanya Kami telah menjadikan negeri mereka, negeri yang aman sentosa, terpelihara! Sedang manusia di sekeliling mereka rampok-merampok (perang memerangi) sesamanya. QS.Al Ankabut:67".

Tanah haram yaitu tanah sekeliling Masjidil-Haram, telah diberi tanda (batas) pada beberapa penjuru. Dilarang (haram) memburu binatang tanah haram begitu juga memotong dan mencabut pohon-pohonan dan rumput-rumputnya, baik atas orang yang sedang dalam ihram atau yang tidak, pohon-pohon dan rumput-rumput yang terlarang memotong dan mencabutnya, apabila ia masih hidup dan tidak menyakiti. Tetapi kalau rumput-rumput dan pohon-pohon yang sudah kering atau menyakiti seperti yang berduri, maka boleh dicabut atau dipotong; begitu juga boleh mengambilnya untuk menjadi obat. Juga tidak dilarang membunuh binatang yang berbahaya.

Sabda Rasulullah SAW:
"Sesungguhnya negeri ini (Makkah) negeri terpelihara, oleh penjagaan Allah, tidak boleh dipotong pohon-pohonannya, dan tidak boleh diburu binatangnya, dan tidak boleh diambil barang yang didapat padanya terkecuali orang yang bermaksud memaklumkan, juga tidak boleh dicabut rumputnya. Mendengar sabda beliau tersebut Ibnu Abbas berkata: Ya Rasulullah terkecuali izhir.
  • Penjelasan:
    Nama rumput yang terkenal di Makkah berguna untuk loteng rumah disana.
  • Sesungguhnya izhir berguna kepada tukang besi dan untuk rumah-rumah mereka. Jawab beliau: Ya, terkecuali izhir. HR.Bukhari dan Muslim".


    Sabda Rasulullah SAW:
    "Dari Aisyah: Rasulullah telah menyuruh membunuh lima macam binatang yang jahat, baik di tanah halal maupun di tanah haram: 1.Gagak. 2.Burung elang. 3.Kala. 4.Tikus. 5.Anjing menggigit. HR.Bukhari dan Muslim".

    Aada lagi beberapa hadits yang lain membolehkan membunuh binatang yang berbahaya.
    0 Komentar untuk "Tanah Haram dan Isinya (Kitab Haji dan Umrah Bagian 11)"

    Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

    "Please, Don't SPAM"

    Back To Top