Sunnah Puasa (Kitab Puasa / Shiyam Bagian 10)

Sunnah Puasa (Kitab Puasa / Shiyam Bagian 10)

SUNNAH PUASA (KITAB PUASA / SHIYAM BAGIAN 10)

1. Menyegerakan berbuka apabila telah nyata dan yakin bahwa matahari sudah terbenam.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Sahl bin Sa'ad, berkata Rasulullah SAW: Senantiasa manusia dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa. HR.Bukhari dan Muslim".

2. Berbuka dengan kurma atau sesuatu yang manis atau dengan air.

Diriwayatkan:
"Dari Anas: Nabi SAW berbuka sebelum shalat dengan rutab (kurma tua). Kalau tidak ada, dengan kurma. Kalau tidak ada juga beliau minum beberapa teguk. HR.Tirmidzi".

3. Berdo'a sewaktu berbuka puasa.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Ibnu 'Umar: Rasulullah SAW apabila berbuka puasa, beliau berdo'a: Ya Allah karena Engkau saya puasa, dan dengan rizki pemberian Engkau saya berbuka, dahaga telah hilang dan urat-urat telah minum, dan mudah-mudahan ganjarannya ditetapkan. HR.Daruquthni".

4. Makan sahur sesudah tengah malam, dengan maksud supaya menambah kekuatan berpuasa.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Anas, Rasulullah SAW telah berkata: Makan sahurlah kamu, sesungguhnya makan sahur itu berkah (menguatkan badan menahan lapar karena puasa). HR.Bukhari dan Muslim".

5. Menta'khirkan makan sahur sampai kira-kira 15 menit sebelum fajar.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Zarr, Rasulullah SAW telah berkata: Senantiasa umatku dalam kebaikan selama mereka menta'khirkan sahur dan menyegerakan berbuka. HR.Ahmad".

6. Memberi makanan untuk berbuka kepada orang yang berpuasa.

Sabda Rasulullah SAW:
"Barangsiapa memberi makanan untuk berbuka bagi orang yang puasa, maka ia mendapat ganjaran sebanyak ganjaran orang yang puasa itu, tidak kurang sedikitpun. HR.Tirmidzi".

7. Hendaklah diperbanyak sedekah selama dalam bulan puasa.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Anas, ditanyakan orang kepada Rasulullah SAW: Apakah sedekah yang lebih baik? Jawab Rasulullah SAW: Sedekah yang paling baik ialah sedekah pada bulan Ramadhan. HR.Tirmidzi".

8. Memperbanyak membaca Al-Qur'an dan mempelajarinya (belajar atau mengajar). Karena mengikut perbuatan Rasulullah
0 Komentar untuk "Sunnah Puasa (Kitab Puasa / Shiyam Bagian 10)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top