Puasa Sunnah (Kitab Puasa / Shiyam Bagian 11)

Puasa Sunnah (Kitab Puasa / Shiyam Bagian 11)

PUASA SUNNAH (KITAB PUASA / SHIYAM BAGIAN 11)

1. Puasa enam hari pada bulan Syawal.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Aiyub, Rasulullah SAW telah berkata: Barangsiapa puasa pada bulan Ramadhan, kemudian ia puasa pula enam hari pada bulan Syawal, adalah seperti puasa sepanjang masa. HR.Muslim".

2. Puasa hari 'Arafah (tanggal 9 bulan haji) terkecuali orang yang sedang mengerjakan ibadah haji, maka tidak disunnahkan atasnya.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Qatadah, Nabi Besar SAW telah berkata: Puasa hari 'Arafah itu menghapuskan dosa dua tahun. Satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang. HR.Muslim".

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Hurairah, katanya: Telah melarang Rasulullah SAW berpuasa pada hari 'Arafah di padang 'Arafah. HR.Ahmad dan Ibnu Majah".

3. Puasa hari 'Asyura (tanggal 10 Muharram).

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Qatadah, Rasulullah SAW telah berkata: Puasa hari 'Asyura itu menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu. HR.Muslim".

4. Puasa bulan Sya'ban.

Sabda Rasulullah SAW:
"Kata 'Aisyah: Saya tidak melihat Rasulullah menyempurnakan puasa satu bulan cukup selain dari bulan Ramadhan, dan saya tidak melihat beliau pada bulan-bulan yang lain, berpuasa lebih banyak dari bulan Sya'ban. HR.Bukhari dan Muslim".

5. Puasa hari senin dan hari kamis.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari 'Aisyah: Nabi besar SAW memilih waktu puasa hari Senin dan hari Kamis. HR.Tirmidzi".

6. Puasa tengah bulan (tanggal 13, 14, 15) dari tiap-tiap bulan Qamariah (Tahun Hijriah).

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Zarr, Rasulullah SAW telah berkata: Hai Abu Zarr apabila engkau hendak puasa hanya tiga hari dalam satu bulan, hendaklah engkau puasa tanggal 13, 14 dan 15. HR.Ahmad dan Nasai".
0 Komentar untuk "Puasa Sunnah (Kitab Puasa / Shiyam Bagian 11)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top