Permulaan Wajib Haji (Kitab Haji dan Umrah Bagian 1)

Permulaan Wajib Haji (Kitab Haji dan Umrah Bagian 1)

Permulaan Wajib Haji (Kitab Haji dan Umrah Bagian 1)

Pendapat ulama menentukan permulaan wajib haji ini tidak sama, sebagian mengatakan pada tahun keenam; yang lain mengatakan pada tahun ke sembilan hijriah.

Haji diwajibkan atas orang yang kuasa, satu kali seumur hidupnya.

Firman Allah SWT:
"Allah mewajibkan haji ke Rumah Suci (Ka'bah) atas semua manusia yang kuasa pergi kesana. QS.Al Imran:97".

Sabda Rasulullah SAW:
"Islam itu ditegakkan diatas 5 dasar: 1.Menyaksikan bahwa tidak ada Tuhan yang hak (patutu disembah) melainkan Allah dan bahwasanya Nabi Muhammad itu utusan Allah. 2.Mengerjakan shalat lima waktu. 3.Membayar zakat. 4.Mengerjakan haji. 5.Berpuasa pada bulan Ramadhan. HR.Sepakat Ahli Hadits.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW telah berkata dalam khutbah beliau: Hai manusia! Sesungguhnya Allah telah mewajibkan atas kamu mengerjakan ibadah haji, maka hendaklah kamu kerjakan. Seorang sahabat bertanya: Apakah tiap tahun, ya Rasulullah? Beliau diam tidak menjawab dan yang bertanya itu mendesak sampai tiga kali. Kemudian Rasulullah SAW berkata: Kalau saya jawab 'ya', sudah tentu menjadi wajib tiap-tiap tahun, sedang kamu tidak akan kuasa mengerjakannya, biarkanlah saja apa yang saya tinggalkan. (Artinya jangan ditanya karena boleh jadi jawabannya memberatkan kamu). HR.Ahmad, Muslim dan Nasai".

Haji wajib dikerjakan dengan segera: artinya orang yang telah mencukupi syarat-syarat tetapi masih dilalaikannya juga (tidak dikerjakannya di tahun itu), maka ia berdosa dengan melalaikannya itu.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Ibnu Abbas, telah berkata Nabi SAW: Hendaklah kamu bersegera mengerjakan haji, maka sesungguhnya seseorang tidak akan menyadari, sesuatu halangan yang akan merintanginya. HR.Ahmad".
0 Komentar untuk "Permulaan Wajib Haji (Kitab Haji dan Umrah Bagian 1)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top