Beberapa Urusan Terhadap Orang Sakit Payah (Kitab Janazah Bagian 2)

Beberapa Urusan Terhadap Orang Sakit Parah (Kitab Janazah Bagian 2)

BEBERAPA URUSAN TERHADAP ORANG SAKIT PAYAH

1. Orang yang sakit payah yang disangka hampir menghembuskan nafas penghabisan, hendaklah dihadapkan ke kiblat.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Qatadah, bahwasanya Nabi SAW ketika sampai di Madinah, beliau menanyakan seorang yang bernama Albara bin Ma'rur. Jawab yang hadir: Ia sudah meninggal dan mewasiatkan sepertiga hartanya kepada engkau dan mewasiatkan pula supaya ia dihadapkan ke kiblat apabila ia sakit payah. Kata Rasulullah: Betul pendapatnya. HR.Al-Hakim dan Baihaqi".

2. Orang sakit payah hendaklah diajar membaca kalimat tauhid (La ilaha illallah) artinya: Tidak ada Tuhan melainkan Allah.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Hurairah, berkata Rasulullah SAW: Kepada orang yang sakit payah ajarlah olehmu membaca kalimat La ilaha illallah. HR.Muslim".

Berkata ulama fiqh:

Sungguh pun kita disuruh mengajarkan kalimat tauhid kepadanya, akan tetapi jangan sering kali berturut-turut, karena berturut-turut menjadikan bosan. Maka apabila telah diajarkan satu kali jangan diulangi lagi, melainkan sesudah kemudian ia mengucapkan perkataan yang lain.

3. Kepada orang sakit payah baik dibacakan surat Yasin.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Ma'qal bin Yasar, berkata Nabi SAW: Bacakanlah olehmu kepada orang yang sakit payah Surah Yasin. HR.Abu Daud dan Nasai".
0 Komentar untuk "Beberapa Urusan Terhadap Orang Sakit Payah (Kitab Janazah Bagian 2)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top