Bughah (Kitab Hudud / Hukuman Bagian 8)

Bughah (Kitab Hudud / Hukuman Bagian 8)

Bughah (Kitab Hudud / Hukuman Bagian 8)

Bughah yaitu kaum Muslimin yang tidak taat kepada Imam Muslimin (Khalifah) karena ada kekeliruan (keraguan) faham.

Apabila terjadi dalam Negara Islam kaum bughah, wajib atas Imam (Khalifah) memerangi mereka, dengan syarat-syarat yang berikut:

1. Bahwa ada pada mereka kekuatan, berarti mereka dapat melawan Imam.
2. Mereka telah keluar dari Imam (tidak ikut perintah Imam lagi).
3. Bahwa sebab mereka keluar dari Imam karena ada kekeliruan atau keraguan faham dan dengan kekeliruan faham ini mereka berpendapat bahwa mereka boleh keluar dari perlindungan Imam mereka.

Misalnya:

Satu partai dari Muslim dahulu keluar dari menaati Khalifah yang keempat (Ali bin Abi Thalib) karena mereka menyangka bahwa Khalifah tersebut mengetahui akan orang yang membunuh Khalifah ketiga ('Usman).

Cara memerangi "Bughah'' hendaklah dengan cara membela diri, berarti dengan tertib dari seenteng-entengnya, karena yang dimaksud supaya mereka kembali taat kepada Imam dan melenyapkan kejahatan mereka. Maka oleh karena itu kaum bughah yang tertawan tidak boleh dibunuh, harta mereka tidak dijadikan harta rampasan.

Firman Allah SWT:
"Jika dua partai diantara kaum Muslimin berperang-perangan hendaklah kamu perdamaikan antara keduanya, maka apabila salah satu diantara keduanya aniaya kepada yang lain hendaklah kamu perangi partai yang aniaya itu, sehingga ia kembali kepada perintah Allah. Jika ia kembali hendaklah kamu damaikan antara keduanya dengan adil. QS.Al Hujurat:9".

Bantu Klik Iklan Dibawah Ya
Satu Klik-an Sangat Berarti Untuk Kepentingan Blog Ini
Terima Kasih Atas Bantuannya
0 Komentar untuk "Bughah (Kitab Hudud / Hukuman Bagian 8)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top