Penutup Kitab Zakat (Kitab Zakat Bagian 9)

Penutup Kitab Zakat (Kitab Zakat Bagian 9)

PENUTUP KITAB ZAKAT

Manusia terhadap harta ada tiga tingkatan:

1. Sanggup mengorbankan hartanya untuk keperluan dirinya sendiri, untuk menolong orang yang susah, membantu kemaslahatan dan kemajuan agama, kemakmuran bangsa dan tanah air. Dengan bantuan mereka agama Islam dapat hidup dan maju, umat Islam sampai ke puncak ketinggian dan kesempurnaan, nama mereka akan kekal tercantum dalam lembaran tarikh dan di akherat mereka dapat ganjaran yang setimpal dengan kemurahan mereka itu.

2. Tidak sanggup membelanjakan hartanya kecuali untuk kesenangan dan bermegahan hawa nafsunya sendiri. Tingkatan ini tidak jau beda dengan hewan yang liar. Dengan mereka agama tidak akan mendapat kemajuan, malahan akan mendapat kemunduran. Dengan mereka agama akan mendapat pandangan yang tak baik dari kaca mata luaran. Orang akan berkata bahwa Islam itu adalah agama yang kurang baik, agama yang tidak dapat mengatur masyarakat. Tetapi kalau hal ini diselidiki dengan sebenarnya dalam agama Islam, sudah tentu akan terdapat bahwa orang yang hanya mementingkan diri sendiri itu tidak disukai oleh agama Islam, malahan dibenci sekeras-kerasnya.

3.Orang yang telah diberi Allah rezeki, mendapatkan harta yang banyak, sedang dia tidak mengambil manfaatnya, baik untuk dirinya maupun untuk orang lain, hanya dikumpulkannya dan dijaganya supaya jangan keluar dari tangannya. Dia semata-mata suka dan kasih kepada harta, bukan kepada manfaatnya. Disangkanya harta itulah yang akan menjadi buah dari usahanya, tidak dibelanjakannya baik untuk dirinya sendiri maupun terhadap kemaslahatan lain-lain. Orang itu kikir terhadap dirinya sendiri apalagi terhadap lainnya. Paham ini sesungguhnya amat jauh dari paham yang sehat. Otaknya tidak dapat dipergunakannya, malahan dapat dikatakan bahwa otaknya itu mendekat kepada ukuran gila.
0 Komentar untuk "Penutup Kitab Zakat (Kitab Zakat Bagian 9)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top