Hikmah Haji (Kitab Haji dan Umrah Bagian 15)

Hikmah Haji (Kitab Haji dan Umrah Bagian 15)

Hikmah Haji (Kitab Haji dan Umrah Bagian 15)

Adapun Islam telah mengatur beberapa aturan untuk menguatkan rasa persatuan dan menanamkan semangat suka bekerja bersama-sama untuk kepentingan bersama. Diantaranya dengan menyuruh shalat berjama'ah setiap waktu, menyuruh shalat Jum'at sekali dalam seminggu, sesudah itu disuruh pula shalat hari raya dua kali dalam setahun. Semua itu untuk menguatkan rasa persatuan antara beberapa golongan yang berdekatan. Semua itu belum cukup untuk permusyawaratan bagi sedunia Islam, diadakan permusyawaratan alam Islami pada umumnya agar dihadiri oleh segala utusan baik dari Barat atau dari Timur, dari Selatan dan dari Utara dengan tidak memandang bangsa dan warna. Mereka hendaklah berpakaian sama, berkumpul dalam satu waktu pada satu tempat, yaitu di padang 'Arafah dan di Mina, dengan tidak membedakan kaya dan miskin, mulia dan hina, raja dan hamba. Dalam pertemuan yang amat besar itu dapatlah mereka berkenal-kenalan satu sama lain, dan bertambah teguhlah persatuan dan perasaan saling mempercayai.

Disana mereka dapat bermusyawarat merembuk segala kepentingan bersama, baik yang bersangkutan dengan amal ibadah keakheratan maupun urusan yang bersangkutan dengan aturan dan susunan penghidupan mereka, seperti: dalam perniagaan, perusahaan, cocok tanam (bertani) di negeri masing-masing dan lain-lain. Dengan ringkas, segala kemaslahatan dunia dan akhirat dapat dirembuk dan diatur di tempat itu oleh segala utusan dari masing-masing negeri.

Firman Allah SWT:
"Beritahukanlah kepada manusia supaya mengejakan haji niscaya mereka akan datang kepada engkau dengan berjalan kaki dan berkendaraan, mereka datang dari negeri yang jauh-jauh, supaya mereka dapat memperhatikan beberapa manfaat untuk kemaslahatan mereka dan mereka menyebut nama Allah dalam beberapa hari yang tertentu, sebagai ucapan terima kasih atas rizki yang diberi Allah kepada mereka dari daging binatang. Makanlah kamu dari padanya dan berikanlah orang-orang yang susah, fakir dan miskin. QS.Al Haji:27-28".
0 Komentar untuk "Hikmah Haji (Kitab Haji dan Umrah Bagian 15)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top