Istinja' (Kitab Thaharah / Bersuci Bagian 3)

Istinja' (Kitab Thaharah/Bersuci Bagian 3)


Apabila keluar kotoran daripada salah satu dua pintu, wajib istinja' dengan air atau dengan tiga buah batu; yang lebih baik mula-mula dengan batu atau sebagainya, kemudian diikuti dengan air.

Sabda Rasulullah SAW:
"Beliau telah melalui dua buah kubur, ketika itu beliau berkata: Kedua orang yang ada dalam kubur ini disiksa. Yang seorang disiksa karena mengadu-adu orang, dan yang seorang lagi karena tidak meng-istinja' kencingnya. HR.Sepakat Ahli Hadits".

Sabda Rasulullah SAW:
"Apabila seorang kamu beristinja' dengan batu, hendaklah ganjil. HR.Bukhari dan Muslim".

Sabda Rasulullah SAW:
"Berkata Salman: Rasulullah SAW telah melarang kita beristinja' dengan batu kurang dari tiga. HR.Muslim"

Dalam hadits ini disebutkan tiga batu, berarti tiga buah batu atau satu batu persegi tiga. Yang dimaksud dengan batu disini ialah tiap-tiap benda yang keras, suci, dan kesat, seperti kayu, tembingkar dan sebagainya. Adapun benda yang licin seperti kaca tidak sah buat istinja' karena tidak dapat menghilangkan najis. Demikian pula benda yang dihormati seperti makanan dan sebagainya. karena mubazir.

Syarat istinja' dengan batu dan yang seumpamanya, hendaklah sebelum kotoran kering; dan kotoran itu tidak mengenai tempat lain selain tempat keluarnya; jika kotoran itu sudah kering atau mengenai tempat lain selain dari tempat keluarnya, maka tidak sah lagi istinja' dengan batu tetapi wajib istinja' dengan air.

 Bantu Klik Iklan Dibawah Ya
Satu Klik-an Sangat Berarti Untuk Kepentingan Blog Ini
Terima Kasih Atas Bantuannya
0 Komentar untuk "Istinja' (Kitab Thaharah / Bersuci Bagian 3)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top