Iblis dan Neraka


Allah SWT berfirman:
"Bila kamu berpaling (tidak taat kepada Allah dan utusan-Nya), maka sesungguhnya Allah tidak mengkasihani orang-orang kafir. (QS.3 Al Imran:32)"
Yakni Allah tidak mengampuni mereka dan tidak menerima tobat mereka sebagaimana tidak menerima tobatnya iblis karena kafir dan kesombongannya. Dan Allah menerima tobatnya Nabi Adam AS sebelum ia bertobat, sebab dia mengakui dosa yang menimpa serta menyesali.

Secara hakekat yang menimpa para Nabi bukanlah dosa, sebab mereka maksum (terjaga) dari dosa sebelum kenabian atau sesudahnya. Disebut dosa hanya dari segi harfiah saja, tidak dari segi hakekat. Demikianlah sehingga Nabi Adam dan Hawa berdo'a:
"Tuhan Kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, bila Engkau tidak mengampuni kami dan mengkasihani kami, tentulah kami termasuk orang-orang yang rugi. (QS.7 Al A'raf:23)"

Mereka menyesal, bertobat dan selalu mengharap rahmat Allah SWT sebagaimana ada firman:
"Janganlah kamu berputusa asa dari Rahmat Allah. (QS.39:53)".
Sementara iblis tidak mengakui dosanya, apalagi menyesali! Tidak dicela dan tidak bertobat serta sudah putus asa dengan Rahmat Allah dan ia sangat sombong. Dan barangsiapa yang sikapnya seperti sikapnya iblis maka tobatnya tidak diterima. Barangsiapa yang sikapnya seperti Nabi Adam AS, Allah akan menerima tobatnya.
Setiap kemaksiatan yang dimulai dengan menuruti hawa nafsu masih ada harapan diampuni, seperti maksiatnya Adam. Tapi kalau maksiatnya didasari kesombongan, demikian ini maksiatnya iblis.

Kisah:
Iblis mendatangi Nabi Musa AS. Ia berkata:
"Engkau adalah manusia yang diutus Allah, dan Dia telah berfirman kepadamu secara langsung".
Jawab Musa:
"Ya, benar. Apa yang kamu inginkan dan kamu siapa".
Jawab Iblis:
"Aku iblis, wahai Musa! Dan katakan kepada Tuhanmu, ada diantara makhluk-Mu yang mau bertobat".

Kemudian Allah menurunkan wahyu kepada Nabi Musa AS:
"Katakan padanya bahwa Aku menerima permohonannya. Dan perintahkan dia untuk sujud kepada kuburannya Nabi Adam AS. Kalau dia mau bersujud, Aku mau menerima tobatnya".
Musa AS memberitahukan berita ini kepada iblis dan iblis justru marah-marah dan congkak. Iblis membantah:
"Wahai Musa, aku sudah tidak sujud ketika dia masih di surga, lalu bagaimana mungkin aku sujud pada yang sudah mati".

Iblis dan Siksanya
Sesungguhnya siksaan iblis di neraka amat berat. Ada yang bertanya:
"Bagaimana engkau merasakan siksa Allah".
Jawab iblis:
"Seberat-berat siksa yang pernah terjadi".

"Sesungguhnya Adam sekarang ada di taman surga, sekarang sujudlah kamu kepadanya dan ajukan senggang waktu sampai engkau diampuni".
Ternyata dia masih menolak. Siksanya semakin ahsyat sekaliber 70.000X lipat siksa penghuni neraka. Salah satu hadits menyebutkan:
"Bahwa Allah mengeluarkan iblis dari neraka setiap 100.000 tahun sekali. Juga mengeluarkan Nabi Adam AS dan Dia memerintah iblis untuk sujud kepada Adam AS. Namun iblis tetap menolak dan dimasukkan lagi ke neraka".

Wahai saudara-saudaraku! Kalau kalian ingin selamat dari cengkraman iblis, maka berpegang teguhlah pada Tuhan Yang Maha Mengkasihani dan mintalah Perlindungan Dari-Nya.

Kisah:
Ketika hari kiamat, diambillah kursi dari api neraka, lalu iblis didudukkan diatasnya. Sementara syetan-syetan dan orang-orang kafir berkerumun disampingnya. Mereka berteriak meringkik-ringkik seperti kuda. Ada yang berkata pada mereka:
"Wahai ahli neraka, bagaimana yang kau rasakan hari ini sebagaimana yang dijanjikan Tuhanmu".
Jawab mereka:
"Benarlah adanya. Ini adalah hari dimana aku berputus asa dari Rahmat".
Lalu Allah memerintahkan para malaikat untuk memukul iblis dan para pengikutnya dari cambuk api neraka. Mereka pun jatuh ke nereka selama 40 tahun dan tidak lagi mendengar perintah untuk keluar.

Ada riwayat:
Kelak pada hari kiamat iblis akan didatangkan, dia diperintah duduk diatas kursi api neraka dan dilehernya ada kalung laknat. Kemudian Allah memerintahkan malaikat untuk menarik kursi iblis dan menceburkan ke neraka, namun para malaikat tidak kuasa mengangkat iblis. Allah mengutus jibril bersama 80.000 malaikat, namun juga tidak mampu. Lalu diutus malaikat Israfil dan Izrail bersama mereka, tetap saja tidak kuasa menangkat iblis. Kemudian Allah SWT berfirman:
"Andaikan semua malaikat yang Kuciptakan berkumpul berlipat ganda, mereka tetap tidak mampu memindah iblis selama dilehernya ada kalung laknat".

Bantahan Iblis
Diriwayatkan:
Sesungguhnya iblis memiliki nama-nama: di langit dunia bernama 'Abid (ahli ibadah), langit kedua bernama Zahid (ahli zuhud), langit ke tiga bernama Al 'Arif (yang ma'rifat), langit ke empat bernama Al Waali (kekasih), di langit ke lima bernama At Taqoo (ahli taqwa), langit ke enam namanya Al Khoozin (bendahara), di langit ke tujuh namanya 'Azaaziil  dan Luhmahfudz namanya iblis, dikarenakan lalai akibat dari perintah-Nya, dimana Allah memerintahkan sujud kepada Nabi Adam AS justru ia membantah:
"Apakah tidak lebih utama aku daripada dia! Engkau jadikan aku dari api dan dia dijadikan dari tanah!".
Allah SWT berfirman:
"AKU melakukan sesuatu sesuai yang KU kehendaki".


Iblis berpendapat bahwa dirinya lebih mulia dibanding Adam AS. Ia berdiri membelakangi Adam karena berbangga diri dan sombong, ia hanya berdiri, sementara para malaikat sujud pada Adam amat lama. Ketika mereka bangkit dari sujud, iblis tetap berdiri, kemudian mereka sujud yang kedua dengan sujud syukur. Ia tetap berdiri dan berpaling amat berbangga diri tanpa menyesal sedikitpun. Kemudian Allah merubah bentuk wajah iblis yang mulanya indah berubah menjadi wajah babi hutan; kepalanya seperti unta, dadanya seperti punuk unta besar, wajahnya antara dada dan kepala seperti kera, kedua matanya melotot seluas wajahnya, lubang hidungnya lebar seperti alat bekam, bibirnya seperti bibir lembu, taringnya seperti babi hutan dan janggutnya hanya ditumbuhi 7 helai rambut. Kemudian Allah mengusirnya dari surga, dari langit, dari bumi dan dari semua wilayah. Ia tidak bisa masuk bumi kecuali secara sembunyi dan dilaknati sampai hari kiamat.


Sekarang berfikirlah, dulu ia makhluk yang cemerlang, tampan, bersayap empat, pandai dan ahli ibadah, yang menjadi kebanggaan dan pemimpin para malaikat. Namun semuanya tidak menjadi jaminan (menjadi makhluk terbaik), dimana didalamnya terselip 1 pelajaran bagi makhluk lainnya.
Ada atsar menyebutkan:
Ketika Allah mencerca iblis, menangislah malaikat Jibril dan Mikail. Allah pun berfirman:
"Apa yang menjadikan kalian menangis".
Jawab mereka:
"Kami pun tidak luput dari tipu dayamu".
Allah SWT berfirman:
"Demikianlah, adakah kalian merasa tidak aman dari-Ku".


Do'a dan Kekuasaan Iblis
Diriwayatkan:
Sesungguhnya iblis berdo'a:
"Wahai Tuhan, Engkau sudah mengeluarkan aku dari surga karena masalah dengan Adam dan aku tidak akan bisa menguasai dia kecuali dengan Penguasaan-Mu".
Allah SWT berfirman:
"Engkau bisa menguasai Adam; maksudnya anak-anak mereka untuk menjaga kenabian bapak-bapak mereka".
Kata iblis:
"Tambahkan untukku".
Firman-Nya:
"Tidak dilahirkan anak Adam kecuali anakmu juga lahir sebanyak anaknya Adam".
Pinta iblis:
"Tambahkan lagi untukku".
Firman-Nya:
"Dan mereka (hati mereka) merupakan rumahmu dan engkau bisa berjalan melewati aliran darah mereka".
Kata iblis:
"Tambah lagi untukku".
Firman Allah SWT:
"Siapkan pasukan berkudamu dan pasukan berjalan kaki untuk menghadapi anak cucu Adam. Gunakanlah harta sebagai sekutumu untuk menghadapi mereka, dengan mendorong mereka sampai masuk kearah yang haram. Dan untuk anak-anak remaja; arahkan mereka ke jalan yang haram, seperti senggama dalam waktu haid, berbuat syirik dari segi nama-pun, misalnya 'Abdul Uzza', mengarahkan mereka ke keyakinan salah, pekerjaan tidak halal, beri mereka janji-janji yang batil atau tidak benar mengenai syafa'at Ketuhanan, mengandalkan nenek moyang, mengakhirkan tobat dan banyak khayalannya".
Semua itu jalan untuk menyesatkan mereka, yang seolah-olah Tuhan berkata:
"Berbuatlah sekehendakmu. (QS.41:40)"


Adam AS menuntut:
"Wahai Tuhan, sesungguhnya Engkau telah memberikan kekuasaan pada iblis untuk aku dan aku pun tidak mungkin menolaknya kecuali lantaran pertolongan-MU".
Allah SWT berfirman:
"Tidak dilahirkan seorang anakmu, kecuali aku menyerahkan anak pada malaikat yang selalu menjaganya".
Pinta Adam AS:
"Tambahkan untukku, Ya Tuhan".
Firman-Nya:
"Setiap kebajikan memperoleh lipatan 10X".
Kata Adam:
"Tambahkan lagi, Ya Tuhan".
FirmanNya:
"Aku akan mengampuni mereka dan Aku tidak peduli seberapa besar kesalahan mereka".
Kata Adam AS:
"Kalau begitu aku sudah merasa cukup".

Pinta iblis lagi:
"Wahai Tuhan, ciptakan utusan-utusanku dari anak cucu Adam".
Firman Allah SWT:
"Tukang Nujum".
Kata iblis:
"Apa kitabku".
Firman-Nya:
"Tahi lalat ciptaanmu".
Kata iblis:
"Apa haditsku".
FirmanNya:
"Kebohongan".
Pinta Iblis:
"Apa Al Quran-ku".
Firman-Nya:
"Nyanyian".
Kata Iblis:
"Apa mu'adzin-ku".
FirmanNya:
"Seruling".
Iblis berkata:
"Dimana masjidku".
Firman-Nya:
"Beberapa pasar".
Iblis berkata:
"Dimana rumahku"
Firman-Nya:
"Tempat pemandian".
Iblis berkata:
"Makananku apa"
Firman-Nya:
"Semua makanan yang tidak menyebut Asma-KU".
Iblis berkata lagi:
"Apa minumanku".
FirmanNya:
"Yang memabukkan".
Kata iblis yang terakhir:
"Apa perangkapku".
Jelas-Nya:
"Wanita".

Bantu Klik Iklan Dibawah Ya, Terima Kasih atas Bantuannya
Tag : kisah islami
0 Komentar untuk "Iblis dan Neraka"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top