Kisah Imam Ghazali Dengan Muridnya


Suatu hari Imam Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya.Lalu Imam Ghazali bertanya:
"Apa yang paling dekat dengan diri kita didunia ini?"
Murid-muridnya ada yang menjawab:
"Orang tua, guru, teman dan kerabatnya"
Imam Ghazali menjelaskan semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita adalah 'mati'. Sebab itu sudah janji Allah bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati (QS.Ali Imron:185)

Lalu Imam Ghazali meneruskan pertanyaan yang kedua.
"Apa yang paling jauh dengan diri kita didunia ini?"
Murid-muridnya ada yang menjawab:
"Negara cina, bulan, matahari dan bintang-bintang"
Lalu Imam Ghazali menjelaskan bahwa semua jawaban yang mereka berikan benar. Tapi yang paling benar adalah masa lalu. Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama.

Lalu Imam Ghazali meneruskan dengan pertanyaan yang ketiga.
"Apa yang paling besar didunia ini?"
Murid-muridnya ada yang menjawab:
"Gunung, bumi dan matahari"
Semua jawaban itu benar kata Imam Ghazali. Tetapi yang lebih besar dari yang ada didunia ini adalah nafsu (QS.Al-A'raf:179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.

Pertanyaan keempat adalah:
"Apa yang paling berat didunia ini?"
Ada yang menjawab:
"Baja, besi dan gajah"
Semua jawaban kalian benar, kata Imam Ghazali. Tetapi yang paling berat adalah 'memegang amanah (QS.Al-Ahzab:72). tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi khalifah (pemimpin) didunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggup permintaan Allah SWT sehingga banyak dari manusia masuk neraka karena ia tidak bisa memegang amanahnya.

Pertanyaan yang kelima adalah:
"Apakah yang paling ringan didunia ini?
Ada yang menjawab:
"Kapas, angin, debu dan daun-daunan"
Semua itu benar kata Imam Ghazali. tetapi yang paling ringan didunia ini adalah meninggalkan sholat. Gara-gara pekerjaan, kita tinggalkan sholat. Gara-gara meeting, kita tinggalkan sholat.

Lantas pertanyaan keenam adalah:
"Apakah yang paling tajam didunia ini"
Murid-muridnya menjawab dengan serentak:
"Pedang"
Benar, kata Imam Ghazali. Tapi yang paling tajam adalah 'Lidah Manusia'. Karena melalui lidah, manusia dengan gampangnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

Bantu Klik Iklan Dibawah Ya
Satu Klik-an Sangat Berarti Untuk Kepentingan Blog Ini
Terima Kasih Atas Bantuannya
Tag : kisah islami
10 Komentar untuk "Kisah Imam Ghazali Dengan Muridnya"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top