Perlombaan (Kitab Makanan Dan Penyembelihan Bagian 12)

Perlombaan (Kitab Makanan Dan Penyembelihan Bagian 12)

Perlombaan (Kitab Makanan Dan Penyembelihan Bagian 12)

1. Perlombaan berpacu kuda dan sebagainya dari binatang-binatang lain yang biasa dipakai untuk peperangan.
2. Perlombaan menembak dengan anak panah dan sebagainya.

Kedua perlombaan tersebut jaiz (boleh), malah disuruh dalam agama Islam.

Firman Allah SWT:
"Hendaklah kamu bersedia-sedia, buat melawan mereka itu sekuat tenaga kamu, yaitu dengan kekuatan tenaga dan laskar yang terpaut dibatas negeri supaya kamu boleh mempertakuti musuh Allah dan musuh kamu, begitu juga orang-orang yang lain yang tidak kamu ketahui. QS.Al Anfal:60".

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari 'Uqbah, berkata dia: Saya dengar Nabi SAW berkata: Hendaklah kamu bersedia-sedia buat melawan musuh sepenuh tenaga kamu dengan kekuatan. Ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu ialah dengan pandai menembakkan anak panah". Perkataan beliau ini beliau ulangi tiga kali karena pentingnya. HR.Muslim

Kata Muhammad Syaukani (pengarang Nailul-Authar). Hadits ini menjadi dalil, bahwa umat Islam disuruh belajar (berlatih) menjalankan alat peperangan dan membiasakannya. Apalagi menembak dengan anak panah itu berguna sekali sebagai gerak badan.

Cara Perlombaan

1. Perlombaan kuda, hendaklah ditentukan jauhnya (permulaan dan penghabisannya), dan jauhnya itu sederhana, berarti kira-kira menurut biasanya kira-kira dapat sampai dilalui oleh kuda dengan lari yang sekuat-kuatnya.
2. Perlombaan menembak, juga perlu ditentukan jauhnya dan sifat-sifat yang mesti dikenalnya juga hendaklah ditentukan. Umpama asal kena saja atau dengan tembus dan sebagainya. Pendeknya supaya jelas menang dan kalahnya.

Bantu Klik Iklan Dibawah Ya
Satu Klik-an Sangat Berarti Untuk Kepentingan Blog Ini
Terima Kasih Atas Bantuannya
0 Komentar untuk "Perlombaan (Kitab Makanan Dan Penyembelihan Bagian 12)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top