Yang Membatalkan Puasa (Kitab Puasa / Shiyam Bagian 4)

Yang Membatalkan Puasa (Kitab Puasa / Shiyam Bagian 4)

YANG MEMBATALKAN PUASA (KITAB PUASA / SHIYAM BAGIAN 4)

Yang membatalkan puasa ada enam perkara:

1. Makan dan minum.

Firman Allah SWT:
"Makanlah dan minumlah kamu sehingga sampai kelihatan benang yang putih dari benang yang hitam, berarti sehingga terbit fajar. QS.Al Baqarah:187".

Makan dan minum yang membatalkan puasa, apabila dengan sengaja. Kalau tidak sengaja seperti lupa, tidak membatalkan puasa.

Sabda Rasulullah SAW:
"Barangsiapa lupa bahwa ia puasa kemudian ia makan atau minum, maka hendaklah disempurnakannya puasanya. Sesungguhnya Allah yang memberinya makan dan minum. HR.Bukhari dan Muslim".

Memasukkan sesuatu ke dalam lobang badan yang biasa, seperti lobang telinga, hidung, dan sebagainya. Sebagian ulama berpendapat sama dengan makan dan minum. Artinya membatalkan puasa. Mereka mengambil alasan dengan "qias", di qias kan (disamakan) dengan makan dan minum. Ulama yang lain berpendapat: Hal itu tidak membatalkan karena hal itu tidak dapat di qiaskan dengan makan dan minum. Menurut pendapat yang kedua itu bahwa kemasukan air sewaktu mandi, tidak membatalkan puasa. Begitu juga memasukkan obat melalui jalan lobang badan selain mulut, bersuntik, dan sebagainya, tidak membatalkan puasa karena yang demikian tidak dinamakan makan atau minum.

2. Muntah dengan usaha yang disengaja. Sekalipun tidak ada yang kembali ke dalam. Muntah yang tidak dengan usaha atau tidak disengaja, tidak membatalkan.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Hurairah, telah berkata Rasulullah SAW: Barangsiapa terpaksa muntah, tidaklah wajib mengqadha puasanya dan barangsiapa yang mengusahakan muntah dengan sengaja, maka hendaklah ia mengqadha puasanya. HR.Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Hibban".

3. Bersetubuh.

Firman Allah SWT:
"Dihalalkan kepada kamu pada malam bulan Ramadhan bercampur dengan istrimu. QS.Al Baqarah:187".

Laki-laki yang membatalkan puasanya dengan bersetubuh sewaktu siang hari di bulan Ramadhan, sedang dia wajib puasa, wajiblah atasnya membayar kifarat. Kifarat ini tiga tingkat: 1.Memerdekakan hamba. 2.(Kalau tidak sanggup memerdekakan hamba), puasa dua bulan berturut-turut. 3.(Kalau tidak kuat berpuasa), bersedekah dengan makanan yang mengenyangi kepada 60 fakir miskin. Tiap-tiap orang 3/4 liter.

Sabda Rasulullah SAW:
"Kejadian bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah, katanya: Celaka saya, Ya Rasulullah. Nabi SAW berkata: Apakah yang mencelakakan engkau? Jawab laki-laki itu: Saya telah bersetubuh dengan istriku pada siang hari Ramadhan. Rasulullah SAW berkata: Sanggupkah engkau memerdekakan hamba? Jawab laki-laki itu: Tidak. Rasulullah SAW berkata: Kuatkah engkau berpuasa dua bulan berturut-turut? Jawab laki-laki itu: Tidak. Kata Rasulullah SAW: Adakah engkau mempunyai makanan guna memberi makan 60 orang miskin? Jawab laki-laki itu: Tidak. Kemudian laki-laki itu duduk. Maka diberikan orang kepada Nabi SAW sebuah bakul besar berisi tamar. Rasulullah SAW berkata: Sedekahkanlah kurma ini. Kata laki-laki itu: Kepada siapakah? Kepada yang lebih miskin dari saya? Demi Allah tidak ada penduduk kampung ini yang lebih hajat kepada makanan lain dari kami seisi rumah. Nabi SAW tertawa dan berkata: Pulanglah, berikanlah kurma itu kepada ahli rumahmu. HR.Bukhari dan Muslim".

4. Keluar darah haidh (kotoran) atau nifas (darah beranak).

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari 'Aisyah, katanya: Kami disuruh oleh Rasulullah SAW mengqadha puasa dan tidak disuruhnya untuk mengqadha shalat. HR.Bukhari".

5. Gila. Jika gila itu datang waktu siang hari, batallah puasa.

6. Keluar mani sebab bersentuhan dengan perempuan. Karena keluar mani itu adalah puncak yang dituju orang pada persetubuhan, maka hukumnya disamakan dengan bersetubuh.
0 Komentar untuk "Yang Membatalkan Puasa (Kitab Puasa / Shiyam Bagian 4)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top