Membantu Kebutuhan Sesama Muslim


Allah SWT berfirman:
"Dan saling tolong menolonglah kalian dalam hal kebajikan dan taqwa. (QS.5 Al Maidah:3)".
Nabi SAW bersabda:
"Barangsiapa yang berusaha menolong saudaranya untuk memberikan kemanfaatan, maka pahala untuknya seperti berjuang dijalan Allah".

Nabi SAW bersabda:
"Sesungguhnya Allah punya beberapa makhluk yang tugasnya untuk memenuhi kebutuhan sesama manusia. Dia bersumpah demi Dzat-Nya, tidak akan menyiksa mereka di neraka. Bila datang hari kiamat diletakkan mimbar yang dibuat dari cahaya, mereka mampu berhubungan dengan Allah, padahal lainnya tengah dihisab".
Nabi SAW bersabda:
"Barangsiapa yang berjalan (berusaha) demi kebutuhan sesama muslim, padahal akhirnya mampu memenuhi kebutuhan tersebut atau tidak mampu, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa masa lampau dan dosa yang akan datang, juga akan diberi 2 kebebasan; bebas dari neraka dan bebas dari sifat munafik".

Dari Annas RA katanya bahwa Nabi SAW bersabda:
"Barangsiapa yang berusaha memenuhi kebutuhan saudara muslim, maka Allah mencatat setiap langkah ditulis 70 kebaikan dan dihapus 70 kejahatan. Jika kebutuhan itu terpenuhi, maka dia lepas dari dosa-dosanya laksana baru lahir dari ibunya. Bila ia mati pada saat itu, maka dia masuk surga tanpa hisab".

Hadits melalui Ibnu Abbas bahwa Nabi SAW bersabda:
"Barangsiapa yang berjalan sesama saudara muslim untuk memenuhi kebutuhan saudaranya dengan i'tiqad baik, maka Allah akan menjauhkan neraka dari dia sejauh 7 buah parit, dimana jarak setiap paritnya sejauh langit dan bumi".

Dari Ibnu Umar RA katanya bahwa Nabi SAW bersabda:
"Sesungguhnya Allah memiliki banyak kenikmatan yang diberikan pada beberapa kaum. Dia tetap memberikan pada mereka selama mereka memenuhi kebutuhan sesama manusia dan tidak bosan-bosan untuk itu. Bila mereka sudah bosan, maka Allah akan memindahkan pada selain mereka".

Dari Abu Hurairah RA bahwa Nabi SAW bersabda:
"Mengertikah kau apa yang disuarakan srigala dalam aungan-nya".
Mereka menjawab:
"Allah dan utusan-Nya lebih mengetahui".
Nabi SAW menjawab:
Ia berkata:
"Ya Allah, janganlah Engkau menghendaki orang-orang baik menguasai aku".

Dari Ali bin Abi Thalib RA (hadits marfu'):
"Bila kalian menghendaki sesuatu sebaiknya berangkat pada hari kamis, bila engkau keluar dari tempat tinggalmu hendaklah membaca ayat terakhir dari Surat Al Imran, ayat Kursi, dan surah 'Innaa Anzal-naahu fii lailatil qodr,,,,,' dan membaca Ummul Kitab (surah Al-Fatihah); sebab dalam surah-surah tersebut ada hajat untuk memenuhi kebutuhan dunia dan akherat".

Abdullah bin Hasan RA berkata:
Aku mendatangi pintu rumah Umar bin Abdul Aziz untuk memenuhi suatu hajat, dia berkata:
"Bila kamu punya keperluan padaku, utus saja seorang kurir atau kirim saja surat buatku, sebab aku malu kepada Allah bisa Dia melihatmu mengetuk pintu".

Dari Ali bin Abi Thalib RA:
Sesungguhnya dia berkata:
"Demi Tuhan, dimana pendengaran-Nya mampu mendengarkan semua suara; tak seorangpun mampu memasukkan kebahagiaan dalam hati, kecuali Allah akan menciptakan kegembiraan dengan cinta kasih. Bila datang bencana dalam hati, cinta kasih itu berlari pergi menerjang bencana sebagaimana air terjun dan dia mampu menghalangi bencana itu laksana terhalangnya unta-unta asing".

Ali bin Abi Thalib RA berkata:
"Tertundanya suatu keperluan lebih ringan daripada mencari pada orang yang bukan ahlinya".
Dia berkata lagi:
"Janganlah engkau memperbanyak menuntut kebutuhan sesama muslim, karena anak lembu pun kalau terlalu banyak mengisap puting susu induknya pasti sang induk akan menanduknya".

Amat bagus syair ini:
"Sekali-kali engkau jangan memutuskan kebiasaan berbuat baik terhadap seseorang selagi engkau mampu; hari-hari tetap silih berganti. Ingatlah akan perbuatan Allah, sebab diciptakannya kepadamu dan tiada harapan sesama manusia akan beberapa kebutuhan".
Ada syair lain:
"Penuhilah kebutuhan orang lain selama engkau mampu, jadilah engkau sebagai orang yang suka mengentas kesedihan sesama saudara sebagaimana orang menghilangkan. Maka sebaik-baik hari bagi seorang pemuda ialah hari dimana ia mampu memenuhi kebutuhan orang lain".

Rasulullah SAW bersabda:
"Untung sekali orang yang masih mampu melaksanakan kebajikan buat orang lain, dan amat celaka orang yang masih suka melakukan kejahatan di sekitar mereka".

Bantu Klik Iklan Dibawah Ya, Terima Kasih atas Bantuannya
Tag : kisah islami
0 Komentar untuk "Membantu Kebutuhan Sesama Muslim"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top