Sunnah Shalat Hari Raya (Kitab Shalat Bagian 45)

Sunnah Shalat Hari Raya (Kitab Shalat Bagian 45)

SUNNAH SHALAT HARI RAYA

1. Disunnahkan berjama'ah.

2. Takbir 7X sesudah membaca do'a iftitah dan sebelum membaca a'uzu, pada raka'at pertama dan pada raka'at kedua 5X takbir sebelum membaca Fatihah selain dari takbir berdiri.

3. Mengangkat dua tangan setinggi bahu pada tiap-tiap takbir.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari 'Amr bin Syu'aib: Sesungguhnya Nabi SAW takbir pada hari raya dua belas takbir. Tujuh di raka'at pertama, lima di raka'at yang akhir. HR.Ahmad dan Ibnu Hibban".

4. Membaca tasbih diantara beberapa takbir.

Lafadznya:

"Subhannallah wal hamdulillahi walaa ilaaha illallah wallahu akbar".

5. Membaca surah Qaf sesudah Fatihah di raka'at pertama dan di raka'at kedua surat Al Qamar atau surat A'ala di raka'at pertama dan Al Ghasyiah di raka'at kedua.

6. Menyaringkan (mengeraskan) bacaan, terkecuali makmum.

7. Khutbah dua kali sesudah shalat, keadaan khutbahnya seperti dua khutbah Jum'at.

8. Hendaklah dimulai khutbah pertama dengan takbir 9X.
Setengah ulama mengatakan bahwa khutbah hari raya tidak dimulai dengan takbir sebagai tersebut, hanya semua khutbah baik khutbah 'Id atau lain-lainnya hendaklah dimulai dengan puji-pujian (Alhamdulillah).

9. Hendaklah dalam khutbah hari raya 'Idul Fithri itu diadakan penerangan tentang zakat fithrah dan pada hari raya haji, diadakan penerangan tentang hukum-hukum kurban.

10. Pada hari raya disunnahkan mandi dan berhias dengan memakai pakaian yang sebaik-baiknya.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Hasan bin 'Ali: Rasulullah SAW menyuruh kami pada hari raya supaya memakai pakaian sebaik-baiknya yang ada pada kami dan berharum-haruman sebaik-baiknya yang ada pada kami dan berkurban dengan binatang segemuk-gemuknya yang ada pada kami. HR.Hakim dan Ibnu Hibban".

11. Disunnahkan makan sebelum pergi shalat pada hari raya Fithri dan pada hari raya haji disunnahkan tidak makan, kecuali sesudah shalat.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Anas: Nabi SAW tidak pergi mengerjakan shalat pada hari raya Fithri, sehingga beliau memakan beberapa biji kurma dahulu. HR.Ahmad dan Bukhari".

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Buraidah: Nabi SAW tidak makan pada hari raya haji sehingga beliau kembali dari shalat. HR.Tirmidzi".

12. Hendaklah ketika pergi shalat melalui satu jalan dan kembalinya melalui jalan yang lain.

13. Pada dua hari raya disunnahkan takbir diluar shalat. Waktunya, pada hari raya fithri, mulai dari terbenam matahari pada malam hari raya, sampai imam mulai shalat. Takbir ini disunnahkan di segala tempat, baik di masjid, di langgar-langgar atau dirumah-rumah, di pasar-pasar, atau lain-lainnya malam atau siang, asal dalam waktu tersebut, baik orang yang tetap dalam negeri atau orang yang dalam perjalanan. Takbir ini oleh ahli Fiqh dinamakan takbir "Muthlaq".

Adapun pada hari raya haji disunnahkan takbir sesudah selesai dari shalat fardhu yang lima, baik shalat Adaan atau Qadha. Begitu juga sesudah shalat jenazah atau shalat sunnah yang lain-lain. Mulai waktu takbir dari terbenam matahari malam hari raya haji sampai sesudah shalat 'Ashar penghabisan hari Tasyriq (tgl 11-13 haji). Ini dinamakan takbir "Muqaiyad".

Firman Allah SWT:
"Dan hendaklah kamu sempurnakan bilangan bulan puasa itu dan hendaklah kamu besarkan Allah (takbir) atas petunjukNya kepada kamu. QS.Al Baqarah:185".

Firman Allah SWT:
"Sebutlah oleh kamu akan nama Allah pada beberapa hari yang tertentu. QS.Al Baqarah:203".

Kata Ibnu 'Abbas yang dimaksud dengan beberapa hari yang tertentu itu ialah hari Tasyriq.

Lafadz Takbir:

"Allahu akbar 3X, la ilaha illallah wallahu akbar, Allahu akbar walillahil hamd. Allahu akbar kabiran walhamdulillahi katsiran wasubhanallahi bukratan wa-ashila, la-ilaha illallahu wahdah shadaqa wa'dahu wanashara 'abdahu wahazamal ahzaba wahdah laa ilaha illallah wala na'budu illa iyyahu mukhlishina lahuddina walau karihal kafirun".
0 Komentar untuk "Sunnah Shalat Hari Raya (Kitab Shalat Bagian 45)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top