Shalat Hari Raya (Kitab Shalat Bagian 43)

Shalat Hari Raya (Kitab Shalat Bagian 43)

SHALAT HARI RAYA

Hari Raya di dalam Islam ada dua:

a. Hari Raya lepas puasa (Hari Raya Idul Fitri), yaitu pada tiap-tiap tanggal satu bulan Syawal, tahun Hijriah.

b. Hari Raya Haji (Idul Adha), yaitu pada tiap-tiap tanggal sepuluh bulan Zulhijjah, tahun Hijriah.

Hukum shalat hari raya sunnah muakkad (sunnah yang lebih penting), karena Rasulullah SAW tetap shalat hari raya selama beliau hidup.

Firman Allah SWT:
"Sesungguhnya kami telah memberi engkau (ya Muhammad) akan kebajikan yang banyak, sebab itu shalatlah engkau dan berkurbanlah karena Tuhanmu (pada hari raya haji). QS.Al Kautsar:1-2".

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Ibnu 'Umar: Rasulullah SAW, Abu Bakar dan 'Umar pernah melakukan shalat dua hari raya sebelum berkhutbah. HR.Jama'ah".

Mula-mula Rasulullah SAW shalat hari raya pada tahun kedua (tahun Hijriah). Shalat hari raya itu dua raka'at, waktunya sesudah terbit matahari sampai tergelincir matahari, rukun dan syaratnya, begitu juga sunnahnya sama dengan shalat yang lain, dan ditambah dengan beberapa sunnah yang lain seperti akan dijelaskan.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Ibnu 'Abbas: Sesungguhnya Nabi SAW shalat hari raya dua raka'at, beliau tidak shalat sebelum dan sesudahnya. HR.Bukhari dan Muslim".

Semua orang dianjurkan untuk berkumpul dan shalat pada hari raya, baik orang yang tetap (muqim) maupun orang yang dalam perjalanan, baik laki-laki atau perempuan, besar atau kecil, sehingga perempuan yang berhalangan karena kotoran pun disuruh juga pergi berkumpul untuk mendengar khutbah, tetapi mereka tidak boleh shalat. Sungguh pun begitu, bila seseorang shalat sendirian sah juga.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Ummi 'Athiyah, katanya: Rasulullah SAW telah menyuruh kami pada hari raya fithri dan hari raya haji, supaya kami membawa gadis-gadis, perempuan yang sedang kotoran dan hamba perempuan ke tempat shalat hari raya. Adapun perempuan yang sedang kotoran mereka tidak mengerjakan shalat. HR.Bukhari dan Muslim".
0 Komentar untuk "Shalat Hari Raya (Kitab Shalat Bagian 43)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top